Thursday, June 21, 2012

Home » , , » Tips Untuk Menjaga Suhu Processor Agar Tidak Overheat

Tips Untuk Menjaga Suhu Processor Agar Tidak Overheat


Bila anda menggunakan komputer seharian untuk pekerjaan terlebih dikantor atau dirumah tentunya akan membuat processor komputer bekerja seharian pula. Processor adalah bagian utama dari komputer yang selalu bekerja dengan suhu paling tinggi dibandingkan dengan bagian komputer lainnya.

Hal tersebut dapat dimaklumi mengingat processor adalah ‘otak’ dari komputer yang melakukan serangkaian proses seperti; penghitungan, pencatatan, pengeksekusi, pengingat, penyimpan, penghapus dan pengkalkulasi semua kegiatan yang dijalankan selama komputer dinyalakan.

Dengan kurangnya sirkulasi udara pada processor akan berakibat komputer menjadi hang, restart otomatis atau yang lebih parah dapat menyebabkan komputer menjadi rusak.

Tambahkan Kipas Ekstra
Secara normal komputer memiliki 1 atau 2 kipas yaitu kipas processor dan kipas tambahan untuk sirkulasi udara. Ada baiknya jika anda menambahkan kipas tambahan untuk memperlancar sirkulasi udara. Harga sebuah kipas tambahan untuk PC tidaklah mahal atau anda dapat menggunakan kipas eksternal khusus elektronik yang banyak dijual ditoko-toko elektronik. Penambahan kipas dapat dipasangkan dengan posisi terbalik (meniup keluar) dengan tujuan untuk menghisap hawa panas dari dalam

Tambahkan Thermal Paste Secara Berkala
Thermal Paste terbuat dari sejenis Gel khusus yang dioleskan pada permukaan processor untuk mengurangi suhu panas yang ditimbulkan oleh processor selain itu juga berfungsi untuk mengurangi percikan dan kelebihan panas akibat gesekan dari pergerakan yang ditimbulkan oleh kipas processor. Sebagai penahan panah, Thermal Paste dapat menjadi kering. 
Oleh karena itu ada baiknya bila anda memperbaharui dengan menambahkan Thermal Paste pada permukaan processor setiap 6 bulan sekali untuk menjaga

Rapikan Kabel-Kabel Didalamnya
Dengan merapikan kabel-kabel yang saling berlilitan dapat memperlancar sirkulasi udara. Anda dapat mengikat / menyatukan kabel-kabel yang berantakan menjadi satu ikat menggunakan karet dsb.

Jangan Menghalangi Sirkulasi Udara
Secara umum, setiap casing komputer mempunyai lubang sirkulasi udara disamping atau dibelakang. Sangat penting untuk tidak menaruh casing / komputer anda ditempat yang sempit yang dapat menghalangi atau bahkan menutup rapat sirkulasi udara keluar dari casing komputer. Hal demikian akan dapat menyebabkan komputer anda menjadi overheat dalam waktu yang singkat.

Buka Tutup Casing
Hal yang satu ini memang jarang dilakukan oleh kebanyakan pengguna namun  sebagian orang masih ada yang menggunakan komputer mereka dengan tutup casing yang terbuka terutama dilakukan pada perusahaan-perusahaan yang kerap menggunakan komputernya selama 24 jam.

Demikianlah informasi mengenai Tips Untuk Menjaga Suhu Processor Agar Tidak Overheat. Semoga bermanfaat.

Ditulis Oleh : Unknown | Pustaka IPTEKKES

Dian Widanarta Anda sedang membaca artikel tentang Tips Untuk Menjaga Suhu Processor Agar Tidak Overheat. Anda dapat menyebarluaskan Informasi Terbaru dari Pustaka IPTEKKES tersebut agar dapat memberikan manfaat untuk kita semua, namun jangan lupa menyertakan alamat link dibawah ini sebagai sumbernya : http://widanarta.blogspot.com/ atau tekan Ctrl + D untuk Bookmark Homepage kami. Atau Copy Paste kan kode berikut pada postingan anda :

Jika ada kendala atau ada yang ingin ditanyakan tentang artikel diatas, masukan komentar anda dibawah. Bisa jadi salah tulis, atau ada yang kurang dari tulisan tersebut. Kami hanya menerima komentar yang membangun.

Terimakasih atas kunjungannya. Assalamu 'alaikum Warahmatullah.

1 comment:

  1. hai kak, selamat beraktifitas.. artikelnya menarik kak, bermanfaat sekali. oh iyaa,, saya juga mau kasih tau info menarik nih kak coba deh klik => SERVICE MACBOOK IMAC MAC PRO IPHONE IPAD IPOD DI BANDUNG JAKARTA TANGERANG

    ReplyDelete

PERMALINK

Anda sedang membaca Artikel Pustaka IPTEKKES. Anda dapat menyebarluaskan Informasi Terbaru dari Pustaka IPTEKKES tersebut agar dapat memberikan manfaat untuk kita semua, namun jangan lupa menyertakan alamat Link : http://widanarta.blogspot.com/ atau tekan Ctrl + D untuk Bookmark Homepage kami. Atau Copy Paste kan kode berikut pada postingan anda :

<a href="http://widanarta.blogspot.com/" target="_blank" title="http://widanarta.blogspot.com/"><b>http://widanarta.blogspot.com/</b></a>

Jika ada kendala atau ada yang ingin ditanyakan tentang artikel diatas, masukan komentar anda dibawah. Bisa jadi salah tulis, atau ada yang kurang dari tulisan tersebut. Kami hanya menerima komentar yang membangun.

Terimakasih atas kunjungannya.
Assalamu 'alaikum Warahmatullah.