Monday, March 18, 2013

Home » , , » Cara Memasang Konektor RJ-45 pada Kabel UTP

Cara Memasang Konektor RJ-45 pada Kabel UTP

Sebelum saya menjelaskan Cara Memasang Konektor pada Kabel Jaringan UTP, ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu bahwa apabila dalam pemasangan terjadi kesalahan maka konektor tersebut tidak dapat digunakan lagi, harus diganti dengan konektor yang baru, jadi yang perlu diingat adalah urutan kabel harus sesuai dengan aturan yang sudah menjadi standar dalam menghubungkan dengan konektor.
Konektor RJ-45

RJ-45 adalah konektor kabel Ethernet yang biasa digunakan dalam topologi jaringan komputer LAN maupun jaringan komputer tipe lainnya. Sedangkan Unshielded twisted-pair (disingkat UTP) adalah sebuah jenis kabel jaringan yang menggunakan bahan dasar mentega tembaga, yang tidak dilengkapi dengan shield internal. UTP merupakan jenis kabel yang paling umum yang sering digunakan di dalam jaringan lokal (LAN), karena memang harganya yang rendah, fleksibel dan kinerja yang ditunjukkannya relatif bagus (Wikipedia).

Untuk menghubungkan konektor RJ-45 dengan kabel UTP, peralatan yang dibutuhkan adalah, Kliping Tool (Tang khusus menghubungkan kabel UTP dgn Konektor), Gunting atau Cutter. Menurut saya dengan ketiga alat ini, kita sudah bisa menghubungkan konektor RJ-45 dengan kabel UTP.
Klipping Tool

Cara Pasang Konektor RJ-45 pada kabel UTP

1. Kupas pelapis luar kabel.
2. Buka lilitan untuk masing-masing pasangan kabel
3. Urutkan berdasarkan nomor urut standar kabel untuk jaringan (lihat cara mengurutkan kabel di bawah)
4. Potong bagian ujung kabel yang tidak digunakan (ujung kabel harus sama panjang)
5. Masukkan kabel ke dalam lobang konektor RJ-45
6. Pastikan ke 8 kabel sudah masuk dengan benar
7. Gunakan Cliping Tool untuk menguatkan konektor dengan kabel.

Cara Mengurutkan Kabel.

Oleh karena seutas kabel terdiri dari dua ujung maka di sini saya namakan ujung 1 dan ujung 2. Untuk kebutuhan kabel dengan pemasangan lurus (stright), biasanya digunakan untuk menghubungkan komputer dengan HUB, urutan standarnya adalah :

Ujung Kabel 1 dan 2 di urutkan sama yaitu :

1. Putih Orange
2. Orange
3. Putih Hijau
4. Biru
5. Putih Biru
6. Hijau
7. Putih Coklat
8. Coklat

HUB adalah sebuah perangkat jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan peralatan-peralatan dengan ethernet 10BaseTatau serat optik sehingga menjadikannya dalam satu segmen jaringan. Hub bekerja pada lapisan fisik (layer 1) pada model OSI. Hub digunakan sebagai transmisi pengambilan data dari komputer client (Wikipedia).
HUB

Sedangkan untuk urutan kabel standar silang (cross), biasa digunakan untuk menghubungkan Komputer dengan Komputer atau HUB dengan HUB, berikut adalah cara pasangnnya :

Ujung Kabel 1 :

1. Putih Hijau
2. Hijau
3. Putih Orange
4. Biru
5. Putih Biru
6. Orange
7. Putih Coklat
8. Coklat
Konektor terpasang

Ujung Kabel 2 :

1. Putih Orange
2. Orange
3. Putih Hijau
4. Biru
5. Putih Biru
6. Hijau
7. Putih Coklat
8. Coklat

Cara Pasang Konektor RJ-45 pada Kabel UTP di atas harus dilakukan dengan hati-hati karena biaya untuk konektor dan kabel cukup mahal. Yang terpenting adalah memperhatikan apakah kabel yang dimasukkan ke dalam konektor, benar-benar sudah berada di posisi yang tepat atau belum, kalau belum ditekan lebih keras lagi agar kabelnya benar-benar masuk. Jika masih gagal juga, kabel tidak sampai masuk mencapai pin penekan, sebaiknya keluarkan kabel dari konektor dan potong serta urutkan ulang kemudian masukkan kembali, sebelum di clip dengan Klipping tool.



Demikian informasi dari saya tentang Cara Pasang Konektor RJ-45 pada Kabel UTP. Semoga bisa bermanfaat dan selamat mencoba... Good Luck...


source : belajar ilmu komputer

Ditulis Oleh : Unknown | Pustaka IPTEKKES

Dian Widanarta Anda sedang membaca artikel tentang Cara Memasang Konektor RJ-45 pada Kabel UTP. Anda dapat menyebarluaskan Informasi Terbaru dari Pustaka IPTEKKES tersebut agar dapat memberikan manfaat untuk kita semua, namun jangan lupa menyertakan alamat link dibawah ini sebagai sumbernya : http://widanarta.blogspot.com/ atau tekan Ctrl + D untuk Bookmark Homepage kami. Atau Copy Paste kan kode berikut pada postingan anda :

Jika ada kendala atau ada yang ingin ditanyakan tentang artikel diatas, masukan komentar anda dibawah. Bisa jadi salah tulis, atau ada yang kurang dari tulisan tersebut. Kami hanya menerima komentar yang membangun.

Terimakasih atas kunjungannya. Assalamu 'alaikum Warahmatullah.

7 comments:

  1. Terima kasih Infonya Bro, izin ikut menerapkan ya. hehe

    Informasi Lowongan Kerja Terbaru BUMN, Persero, Swasta, & Berbagai Perusahaan Besar di Indonesia : expocpnsbumn.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. mantap gann.!


    visit http://www.herbalonlinetop.com/2015/09/obat-tradisional-untuk-sakit-kencing-manis.html

    ReplyDelete
  3. makasih ya sangat membantu artikelnya
    www.rajalistrik.com

    ReplyDelete
  4. hai kak, selamat beraktifitas.. artikelnya menarik kak, bermanfaat sekali. oh iyaa,, saya juga mau kasih tau info menarik nih kak coba deh klik => SERVICE MACBOOK IMAC MAC PRO IPHONE IPAD IPOD DI BANDUNG JAKARTA TANGERANG

    ReplyDelete
  5. Informasi yang menarik..

    Apakah iPhone Anda mengalami kerusakan karena sesuatu hal? Tak perlu khawatir, karena Anda bisa percayakan perbaikan iPhone Anda kepada SINYALITI Apple Service.
    Sinyaliti melayani perbaikan semua tipe iPhone di tempat, pesan sekaligus antar spare-part, dan berbagai macam layanan lain mengenai semua tipe iPhone.

    Selain datang langsung ke workshop Sinyaliti, Anda juga bisa menggunakan jasa panggilan atau door-to-door atau layanan “Service Panggilan”, sehingga sangat memudahkan Anda.
    Silahkan kunjungi SINYALITI.com untuk mendapatkan layanan service panggilan dan harga terbaik, yang bisa Anda hubungi di nomor 0812 9008 5435.

    Jadi, tunggu apa lagi? Segera hubungi Sinyaliti Apple Service sekarang juga, dan buktikan sendiri kinerja yang dilakukan. Dengan Sinyaliti Apple Service, iPhone kesayangan Anda dijamin dapat berfungsi kembali.

    ReplyDelete

PERMALINK

Anda sedang membaca Artikel Pustaka IPTEKKES. Anda dapat menyebarluaskan Informasi Terbaru dari Pustaka IPTEKKES tersebut agar dapat memberikan manfaat untuk kita semua, namun jangan lupa menyertakan alamat Link : http://widanarta.blogspot.com/ atau tekan Ctrl + D untuk Bookmark Homepage kami. Atau Copy Paste kan kode berikut pada postingan anda :

<a href="http://widanarta.blogspot.com/" target="_blank" title="http://widanarta.blogspot.com/"><b>http://widanarta.blogspot.com/</b></a>

Jika ada kendala atau ada yang ingin ditanyakan tentang artikel diatas, masukan komentar anda dibawah. Bisa jadi salah tulis, atau ada yang kurang dari tulisan tersebut. Kami hanya menerima komentar yang membangun.

Terimakasih atas kunjungannya.
Assalamu 'alaikum Warahmatullah.