Thursday, August 21, 2014

Home » , , , » Tips Aman Menggunakan Laptop

Tips Aman Menggunakan Laptop

Penggunaan laptop sering kali dianggap sepele. Mulai dari cara memegang dan membawanya hingga ke cara memakainya banyak yang keliru. Kekeliruan dalam penggunaan laptop/notebook, netbook dan lainnya bisa menyebabkan kerusakan pada laptop itu sendiri. Oleh karena itu, Pustaka IPTEKKES akan menjelaskan bagaimana cara menggunakan laptop yang benar agar meminimalisir kerusakan yang diakibatkan oleh kelalaian penggunanya. Langsung saja tips selengkapnya seperiti berikut ini...

1.    Memegang laptop. Memegang laptop tidak bisa sebarangan memegang menggunakan satu tangan atau ditenteng, alangkah lebih amannya gunakanlah kedua tangan anda untuk memegang laptop dan peganglah secara seimbang pada badan laptop. Hal ini untuk menghindari laptop dari jatuh, atau baut pengikat casing laptop menjadi longgar sehingga body laptop tidak tertutup rapat dan mengakibatkan keretakan pada cassing-nya (meski jarang terjadi).
2.    Membawa Laptop. Laptop merupakan salah satu perangkat mobile yang mudah dibawa kemana-mana, tetapi masih ada saja yang tidak memperhatikan keamanan laptopnya tersebut. Misalkan saja bagi pengguna sepeda motor, sebaiknya dalam membawa tas laptop digendong menggantung di badan. Jangan disandarkan pada jok motor ketika berkendara. Hal ini dapat menimbulkan benturan ketika dalam perjalanan dan dapat menyebabkan kerusakan pada laptop. Salah satu komponen didalam laptop yang paling rentan rusak akibat getaran adalah hard disk dan LCD. Apabila terlalu sering mendapatkan getaran yang berlebih, hard disk bisa error bahkan hingga muncul bad sector dan LCD bisa mengalami blank atau layar bergaris atau bahkan bisa pecah.
3.    Menggunakan Laptop. Menggunakan laptop ini juga sangat penting demi menjaga agar laptop bisa lebih lama bertahan hidup. Paling penting didalam menggunakan laptop adalah mengetahui kemampuan laptop itu sendiri sesuai dengan spesifikasi laptop itu sendiri. Apabila spesifikasi laptopnya minimalis, jangan diinstall aplikasi kelas tinggi seperti game-game 3D dan lainnya yang tentunya memaksa kinerja laptop itu sendiri. Pasanglah software yang memang dibutuhkan dan sesuai dengan kemampuan laptop itu sendiri.
Waktu penggunaan laptop juga sebaiknya tidak terlalu lama, berikan waktu untuk laptop beristirahat dan jangan menjejal laptop sepanjang hari. Bila ingin memainkan game, sebaiknya bermainlah game pada komputer desktop karena laptop di rancang hanya untuk penggunaan cepat sang sifatnya mobile.
Salah satu penggunaan laptop yang salah adalah pada penggunaan baterai laptop. Ada yang ketika menggunakan selalu memasang baterai meskipun sedang di charge. Ketika baterai sudah terisi penuh segeralah dilepas kabel adaptor dari stop kontak dan gunakan daya dari baterai. Ada banyak pengguna oleh karena malas, membiarkan baterai tetap tercharge meski sudah full charge, ini dapat menyebabkan baterai laptop cepat drop dan perangkat dapat meledak (meski sangat jarang terjadi). Kalau baterai sudah menurun hingga 10% setelah pemakaian atau muncul peringatan baterai low, segeralah memasangkan kembali adaptor ke listrik untuk mengisi kembali daya pada baterai.
Selain itu laptop sebaiknya jangan digunakan dengan kondisi baterai di lepas, hal ini untuk melindungi komponen laptop dari tidak stabilnya listrik dirumah atau di tempat kerja anda.

Demikian tips menggunakan laptop yang baik dan benar. Semoga sedikit tips ini dapat menginspirasi pengunjung untuk lebih memperhatikan semua aspek yang dapat memperpanjang umur penggunaan laptop.



Source : Belajar Ilmu Komputer

Ditulis Oleh : Unknown | Pustaka IPTEKKES

Dian Widanarta Anda sedang membaca artikel tentang Tips Aman Menggunakan Laptop. Anda dapat menyebarluaskan Informasi Terbaru dari Pustaka IPTEKKES tersebut agar dapat memberikan manfaat untuk kita semua, namun jangan lupa menyertakan alamat link dibawah ini sebagai sumbernya : http://widanarta.blogspot.com/ atau tekan Ctrl + D untuk Bookmark Homepage kami. Atau Copy Paste kan kode berikut pada postingan anda :

Jika ada kendala atau ada yang ingin ditanyakan tentang artikel diatas, masukan komentar anda dibawah. Bisa jadi salah tulis, atau ada yang kurang dari tulisan tersebut. Kami hanya menerima komentar yang membangun.

Terimakasih atas kunjungannya. Assalamu 'alaikum Warahmatullah.

1 comment:

  1. hai kak, selamat beraktifitas.. artikelnya menarik kak, bermanfaat sekali. oh iyaa,, saya juga mau kasih tau info menarik nih kak coba deh klik => SERVICE MACBOOK IMAC MAC PRO IPHONE IPAD IPOD DI BANDUNG JAKARTA TANGERANG Zapplerepair pengerjaan di tempat. Zapplerepair memberikan jasa service onsite home servis pengerjaan di tempat khusus untuk kota Jakarta, Bandung dan Surabaya dengan menaikan level servis ditambah free konsultasi untuk solusi di bidang data security, Networking dan performa yang cocok untuk kebutuhan anda dan sengat terjangkau di kantong" anda http://onsite.znotebookrepair.com

    ReplyDelete

PERMALINK

Anda sedang membaca Artikel Pustaka IPTEKKES. Anda dapat menyebarluaskan Informasi Terbaru dari Pustaka IPTEKKES tersebut agar dapat memberikan manfaat untuk kita semua, namun jangan lupa menyertakan alamat Link : http://widanarta.blogspot.com/ atau tekan Ctrl + D untuk Bookmark Homepage kami. Atau Copy Paste kan kode berikut pada postingan anda :

<a href="http://widanarta.blogspot.com/" target="_blank" title="http://widanarta.blogspot.com/"><b>http://widanarta.blogspot.com/</b></a>

Jika ada kendala atau ada yang ingin ditanyakan tentang artikel diatas, masukan komentar anda dibawah. Bisa jadi salah tulis, atau ada yang kurang dari tulisan tersebut. Kami hanya menerima komentar yang membangun.

Terimakasih atas kunjungannya.
Assalamu 'alaikum Warahmatullah.