Monday, May 28, 2012

Home » , » Senayan Online dengan Webhosting Gratis phpnet.us

Senayan Online dengan Webhosting Gratis phpnet.us

Salam hangat kembali saya sampaikan kapada Agan & Sista semua. Pada kesempatan ini saya ingin menyapa sobat penggiat bidang perpustakaan khususnya. Hehe..._ resmi banget ya bahasanya.? Maklum, mantan calon pejabat. Hahaha....

Okeh, langsung tunjepoin saja.... Itu sebabnya kali ini saya ingin berbagi informasi mengenai salah satu free sofware/ aplikasi perpustakaan gratis yang lebih ngetren adalah sistem informasi perpustakaan. Aplikasi tersebut adalah SLiMS atau Senayan, yang mana sudah di rilis Senayan versi Matoa atau versi slims3-stable15. Mengingat akhir-akhir ini banyak dan lagi gencar-gencarnya dikumandangkan yang namanya Otomasi Perpustakaan. 




Bagi Sobat yang ingin perpustakaannya agar dapat diakses dimana saja. Disini ada hosting free yang menyedikan fasilitas cpanel lengkap untuk mengupload katalog pustaka Sobat, tetapi hanya bersifat sementara karena jika tidak pernah dikunjungi otomatis akan non aktif dengan sendirinya. Makanya kunjungilah meski oleh Sobat sendiri, biar tetap aktif. Hehehe......
Sebenarnnya banyak sekali webhosting free yang tersedia di internet, tetapi kali ini saya menggunakan phpnet.us.
Sebelum menginstal Senayan di webhosting, persiapkan alat perangnya terlebih dahulu antara lain FileZilla, slims3-stable15, kopi susu dan camilan untuk menemani kita menginstal Senayan. Hehe.....
Langkah pertama menginstal senayan adalah daftar dulu di http://phpnet.us/ Kemudian setelah daftar,  akan ada konfirmasi lewat email yang meminta Sobat mengaktifkan phpnet.us, setelah di aktifkan Sobat akan memperoleh account phpnet.us

   
Langkah selanjutnya masuk ke http://cpanel.phpnet.us/index.php kemudian masukan cpanel username dan password yang di buat kemudian login. Username dan Password juga terdapat pada email balasan.



Setelah masuk ke control panel, kemudian buat database baru. Isikan nama database yang akan di buat sesuai kehendak Sobat, kemudian klik create database.


Setelah membuat database, langkah selanjutnya adalah upload senayan ke webhosting phpnet.us. Untuk lebih cepat dan mudahnya saya menggunakan dan menyarankan FTP (file transfer protokol) fillezila. Untuk itu anda dapat mendownloadnya di link yang saya berikan ini. http://filezilla-project.org/download.php
Caranya buka Fillezila kemudian isikan FTP user name, FTP password (sama dengan pasword masuk control panel), dan FTP host name saja sudah cukup. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat di control panel/ account setting Sobat.


Setelah masuk ke FTP/ Filezilla, kemudian di menu local site pilih direktori senayan yang akan di upload. Sebelumnya buat dulu folder htdocs pada Online File Manager di account phpnet.us milik sobat. Nah, disini Sobat dihadapkan pada dua pilihan, pertama jika Sobat mengupload satu folder misalnya slims3-stable15, maka pada URL yang akan di panggil nanti menjadi http://perpustakaan.phpnet.us/slims3-stable15, tetapi jika Sobat memindahkan isi folder slims3-stable15 kedalam root maka URL yang akan di panggil nanti menjadi http://perpustakaan.phpnet.us. Monggo, pilih yang mana?




Jika sudah pasti pilih yang mana, langkah selanjutnya adalah Upload ke folder htdocs.
Setelah semua file masuk ke htdocs phpnet.us, langkah selanjutnya yaitu dumping database sql. Buka di control panel database/ phpMyAdmin kemudian klik DB Name: pn_3560485_senayan  <———— Connect to this database.
Setelah masuk ke phpmyadmin klik import pilih senayan.sql di folder psenayan/apache/htdocs/slims3-stable15/install, setelah terpilih klik go.


Langkah terakhir adalah konfigurasi sysconfig.inc dan sysconfig.local.inc pada FTP Manager/online file manager/htdocs/ di account Sobat. Ganti DB_HOST, DB_NAME, DB_USERNAME, dan DB_PASSWORD sesuai dengan account sobat.
Setelah semua di edit klik icon save.




Setelah semua proses selesai, saatnya kita lihat hasil kerja kita. Hehehe..... Buka alamat di address http://perpustakaan.phpnet.us/ atau http://perpustakaan.phpnet.us/slims3-stable15 sesuai pilihan anda tadi. Taraaaa.....
Jreeeeengggg.......



>>>>>>-------------Selamat mencoba dan semoga berhasil--------------<<<<<<

Ditulis Oleh : Unknown | Pustaka IPTEKKES

Dian Widanarta Anda sedang membaca artikel tentang Senayan Online dengan Webhosting Gratis phpnet.us. Anda dapat menyebarluaskan Informasi Terbaru dari Pustaka IPTEKKES tersebut agar dapat memberikan manfaat untuk kita semua, namun jangan lupa menyertakan alamat link dibawah ini sebagai sumbernya : http://widanarta.blogspot.com/ atau tekan Ctrl + D untuk Bookmark Homepage kami. Atau Copy Paste kan kode berikut pada postingan anda :

Jika ada kendala atau ada yang ingin ditanyakan tentang artikel diatas, masukan komentar anda dibawah. Bisa jadi salah tulis, atau ada yang kurang dari tulisan tersebut. Kami hanya menerima komentar yang membangun.

Terimakasih atas kunjungannya. Assalamu 'alaikum Warahmatullah.

1 comment:

  1. Mautanya kenapa saat memasukkan data bibliografi untuk data pengarang kok muncul tulisan akses ditolak ya?

    ReplyDelete

PERMALINK

Anda sedang membaca Artikel Pustaka IPTEKKES. Anda dapat menyebarluaskan Informasi Terbaru dari Pustaka IPTEKKES tersebut agar dapat memberikan manfaat untuk kita semua, namun jangan lupa menyertakan alamat Link : http://widanarta.blogspot.com/ atau tekan Ctrl + D untuk Bookmark Homepage kami. Atau Copy Paste kan kode berikut pada postingan anda :

<a href="http://widanarta.blogspot.com/" target="_blank" title="http://widanarta.blogspot.com/"><b>http://widanarta.blogspot.com/</b></a>

Jika ada kendala atau ada yang ingin ditanyakan tentang artikel diatas, masukan komentar anda dibawah. Bisa jadi salah tulis, atau ada yang kurang dari tulisan tersebut. Kami hanya menerima komentar yang membangun.

Terimakasih atas kunjungannya.
Assalamu 'alaikum Warahmatullah.