Tuesday, November 4, 2014

Home » » Cara Praktis Membuat Sitemap di Blogspot

Cara Praktis Membuat Sitemap di Blogspot

Baiklah saya akan sedikit memaparkan tentang pengertian sitemap. Sitemap atau sering disebut peta situs kurang lebihnya adalah salah satu alat bantu untuk para webmaster yang mempermudah dalam pengenalan peta situs di dalam website. Dengan begitu, mesin google dengan mudah menjelajah dan meraih halaman-halaman yang ada di dalamnya. Sama halnya dengan webiste pada umumnya, blog juga memerlukan sitemap agar mesin pencari dengan mudah mendeteksi konten di dalamnya. Dalam sistem sitemap ini pengguna dapat melakukan submit peta web berbasis XML langsung ke Google yang akan membantu Google mengindeks halaman web dengan mudah.

Akan tetapi pembahasan "Cara Membuat Sitemap Otomatis" dalam artikel ini membahas bagaimana cara membuat sitemap atau daftar isi secara otomatis untuk pengunjung situs bukan untuk robot Google, dalam hal ini Blogspot adalah platfrom yang kita pergunakan, Blogspot memberikan fasilitas untuk membuat sitemap dengan begitu mudah dan secara otomatis.



Cara Membuat Sitemap di Blogspot



Berikut cara membuat sitemap / daftar isi otomatis di Blogspot :
1.  Masuk ke akun blogger
2.  Pilih menu 'Laman'
3.  Buat laman baru (Klik tombol 'Laman baru' > 'Laman kosong')
4.  Pilih mode 'HTML'
5.  Beri judul Daftar Isi atau Sitemap (judul terserah anda)
6.  Masukkan kode berikut :

<script src="https://sites.google.com/site/script4shared/sitemap.js"></script><script src="http://widanarta.blogspot.com/feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc"></script> 

7.  Ganti kode warna merah di atas dengan alamat blog anda
8.  Publikasikan

Apabila anda menginginkan daftar isi atau sitemap yang memiliki scroll di samping kanan anda bisa menggunakan kode berikut sebagai ganti kode dari poin nomer 6 diatas :


<div style="background-color: #dde1e3; border: 1px solid #999999; height: 600px; overflow: auto; padding: 10px; width: 100%px;">
<script src="https://sites.google.com/site/script4shared/sitemap.js"></script><script src="http://
widanarta.blogspot.com/feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc"></script> 
</div>


Nilai height bisa dirubah sesuai dari panjang daftar isi yang diinginkan. Demikian tutorial Cara Praktis Membuat Sitemap di Blogspot. Terimakasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.

Ditulis Oleh : Unknown | Pustaka IPTEKKES

Dian Widanarta Anda sedang membaca artikel tentang Cara Praktis Membuat Sitemap di Blogspot. Anda dapat menyebarluaskan Informasi Terbaru dari Pustaka IPTEKKES tersebut agar dapat memberikan manfaat untuk kita semua, namun jangan lupa menyertakan alamat link dibawah ini sebagai sumbernya : http://widanarta.blogspot.com/ atau tekan Ctrl + D untuk Bookmark Homepage kami. Atau Copy Paste kan kode berikut pada postingan anda :

Jika ada kendala atau ada yang ingin ditanyakan tentang artikel diatas, masukan komentar anda dibawah. Bisa jadi salah tulis, atau ada yang kurang dari tulisan tersebut. Kami hanya menerima komentar yang membangun.

Terimakasih atas kunjungannya. Assalamu 'alaikum Warahmatullah.

2 comments:

  1. terimakasih banyakmas bro untuk tutorialnya ini...

    ReplyDelete
  2. hai kak, selamat beraktifitas.. artikelnya menarik kak, bermanfaat sekali. oh iyaa,, saya juga mau kasih tau info menarik nih kak coba deh klik => SERVICE MACBOOK IMAC MAC PRO IPHONE IPAD IPOD DI BANDUNG JAKARTA TANGERANG Zapplerepair pengerjaan di tempat. Zapplerepair memberikan jasa service onsite home servis pengerjaan di tempat khusus untuk kota Jakarta, Bandung dan Surabaya dengan menaikan level servis ditambah free konsultasi untuk solusi di bidang data security, Networking dan performa yang cocok untuk kebutuhan anda dan sengat terjangkau di kantong" anda http://onsite.znotebookrepair.com

    ReplyDelete

PERMALINK

Anda sedang membaca Artikel Pustaka IPTEKKES. Anda dapat menyebarluaskan Informasi Terbaru dari Pustaka IPTEKKES tersebut agar dapat memberikan manfaat untuk kita semua, namun jangan lupa menyertakan alamat Link : http://widanarta.blogspot.com/ atau tekan Ctrl + D untuk Bookmark Homepage kami. Atau Copy Paste kan kode berikut pada postingan anda :

<a href="http://widanarta.blogspot.com/" target="_blank" title="http://widanarta.blogspot.com/"><b>http://widanarta.blogspot.com/</b></a>

Jika ada kendala atau ada yang ingin ditanyakan tentang artikel diatas, masukan komentar anda dibawah. Bisa jadi salah tulis, atau ada yang kurang dari tulisan tersebut. Kami hanya menerima komentar yang membangun.

Terimakasih atas kunjungannya.
Assalamu 'alaikum Warahmatullah.