Tuesday, November 11, 2014

Home » , , , » Faktor-faktor Penyebab Hardisk Komputer Cepat Rusak

Faktor-faktor Penyebab Hardisk Komputer Cepat Rusak

Faktor-faktor Penyebab Hardisk Komputer Cepat Rusak - Salam SUPER Sahabat IPTEKKES semuanya. Pasti sebagian dari sahabat semua pernah mengalami kerusakan pada hardisk komputernya. Hardisk merupakan komponen yang sangat penting sebagai tempat penyimpanan data dalam komputer atau laptop kita selain processor, RAM, Display dan juga beberapa komponen penting lainnya. Apalagi jika mengalami kerusakan maka file Anda mungkin tidak bisa terselamatkan lagi.




Hardisk ibarat gudang penyimpanan di pabrik. Tanpa gudang penyimpanan ini tentu pasokan bahan baku maupun bahan jadi tidak memiliki ruang sehingga pabrik tidak akan bisa beroperasi tanpanya.
Melihat fungsi penting ini tentu kita harus merawatnya dengan baik agar hardisk lebih awet dan tahan lama sehingga hardisk tidak mudah rusak. Untuk itulah harus kita ketahui faktor-faktor yang dapat menyebabkan kerusakan pada hardisk.



Faktor-faktor Penyebab Hardisk Komputer Cepat Rusak


1. Jatuh atau terbentur
Tentu saja hal ini akan mempengaruhi pada fisik harddisk. Terkadang tiba-tiba saja laptop / hardisk kita jatuh atau hardisk yang kita bawa terbentur benda-benda keras lain saat membawanya. Untuk menhindari hal yang tersebut adalah dengan cara membawa laptop / hardisk menggunakan tas yang aman.


2. Guncangan Pada Komputer
Saat computer sedang bekerja otomatis hardisk sedang membaca perintah-perintah yang tengah dijalankan. Pada saat itu head harddisk sedang mengambang diatas permukaan piringan (platter). Jadi jika terjasi guncangan, maka head harddisk tersebut akan menyentuh bagian lain dari harddisk, sedangkan disknya sedang berputar dengan sangat cepat. Maka besar kemungkinan kerusakan pada harddisk akan terjadi.

3. Suhu yang terlalu Panas / Over Heat
Tentu saja hal ini tidak hanya terjadi pada hardisk saja, tetapi juga berlaku pada segala jenis alat elektronik lainnnya. Harddisk yang mengalami panas yang berlebihan akan memicu terjadinya kerusakan pada harddisk. Untuk mencegahnya kita dapat memberikan pendingin tambahan pada harddisk.

4. Faktor usia hardisk
Usia hardisk yang telah lama merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan kerusakan hardisk. Hal ini bisa dimaklumi karena memang usia sudah tua. Namun dengan  perawatan yang tepat, harddisk akan lebih tahan terhadap kesusakan

5. Aktifitas Hardisk Berlebihan
Semua hal yang berlebihan memang akhirnya tidak baik. Aktifitas hardisk yang terlalu berlebihan juga sama. Jika terlalu sering dalam bermain game, menonton film/video, dan memutar musik berlama-lama dapat memicu kerusakan pada harddisk. Oleh karena itu kita harus dapat mengatur waktu dalam menggunakan komputer kita

6. Membawa laptop dalam kondisi menyala
Sudah pasti jika dibawa kemana-mana maka hardisk akan terkena guncangan saat masih aktif. Maka diusahakan sebisa mungkin membawanya pada saat sudah benar-benar mati.

7. Sering listrik padam dan listrik turun naik tidak stabil
Seringnya komputer mati mendadak karena listrik padam dan naik turun juga menyebabkan kerusakan hardisk. Jadi sangat disarankan untuk menggunakan pengaman tegangan seperti UPS dan stavolt.

8. Mematikan/Shutdown Tidak Sesuai Prosedur
Cara mematikan paksa seperti langsung mencabut komputer dari steker dan lansung memencet tombol power saat harddisk sedang bekerja dapat berakibat fatal untuk kondisi hardisk.

9. Terlalu Sering atau Tidak Sama Sekali Melakukan Defrag
Tujuan dari defrag sendiri adalah untuk melakukan perawatan hardisk, namun jika telalu sering akan menyebabkan bad sector. Di saran kan melakukan minimal 1 bulan sekali.

10. Hardisk tidak terawat
Hardisk yang tidak terawat seperti tidak rutin melakukan cleaner registry atau semacamnya menyebabkan File-file sampah menumpuk, file yang tidak tersusun rapi menyebabkan file saling menimpa. Hal ini dapat menyebabkan bad sector.

11. Terlalu sering melakukan instal dan uninstal program
Terlalu sering menginstal program maupun uninstal program pada komputer dapat menyebabkan hardisk mengalamai bad sector. Begitu juga terlalu over melakukan instal ulang sistem operasi.

Demikian tadi beberapa Faktor-faktor Penyebab Hardisk Komputer Cepat Rusak. Dengan mengetahui penyebab-penyebabnya, semoga kita bisa semakin bijak dalam menggunakan hardisk. Agar mendapatkan manfaat yang lebih.

Ditulis Oleh : Unknown | Pustaka IPTEKKES

Dian Widanarta Anda sedang membaca artikel tentang Faktor-faktor Penyebab Hardisk Komputer Cepat Rusak. Anda dapat menyebarluaskan Informasi Terbaru dari Pustaka IPTEKKES tersebut agar dapat memberikan manfaat untuk kita semua, namun jangan lupa menyertakan alamat link dibawah ini sebagai sumbernya : http://widanarta.blogspot.com/ atau tekan Ctrl + D untuk Bookmark Homepage kami. Atau Copy Paste kan kode berikut pada postingan anda :

Jika ada kendala atau ada yang ingin ditanyakan tentang artikel diatas, masukan komentar anda dibawah. Bisa jadi salah tulis, atau ada yang kurang dari tulisan tersebut. Kami hanya menerima komentar yang membangun.

Terimakasih atas kunjungannya. Assalamu 'alaikum Warahmatullah.

3 comments:

PERMALINK

Anda sedang membaca Artikel Pustaka IPTEKKES. Anda dapat menyebarluaskan Informasi Terbaru dari Pustaka IPTEKKES tersebut agar dapat memberikan manfaat untuk kita semua, namun jangan lupa menyertakan alamat Link : http://widanarta.blogspot.com/ atau tekan Ctrl + D untuk Bookmark Homepage kami. Atau Copy Paste kan kode berikut pada postingan anda :

<a href="http://widanarta.blogspot.com/" target="_blank" title="http://widanarta.blogspot.com/"><b>http://widanarta.blogspot.com/</b></a>

Jika ada kendala atau ada yang ingin ditanyakan tentang artikel diatas, masukan komentar anda dibawah. Bisa jadi salah tulis, atau ada yang kurang dari tulisan tersebut. Kami hanya menerima komentar yang membangun.

Terimakasih atas kunjungannya.
Assalamu 'alaikum Warahmatullah.