Wednesday, November 12, 2014

Home » , » Kiat Merawat Hardisk Komputer agar Tetap Awet

Kiat Merawat Hardisk Komputer agar Tetap Awet

Kiat Merawat Hardisk Komputer agar Tetap Awet – Salam semangat Sahabat IPTEKKES. Setelah kemarin membahas tentang Faktor-faktor Penyebab Hardisk Komputer Cepat Rusak. Kali ini kami ingin berbagi kiat tentang Merawat Hardisk Komputer agar Tetap Awet. Seperti yang sudah kami jelaskan kemarin, hardisk merupakan komponen yang sangat penting sebagai tempat penyimpanan data dalam komputer atau laptop kita. Jika mengalami kerusakan maka file Anda mungkin tidak bisa terselamatkan lagi.


Oleh karena itu, berikut kami berikan kiat-kiat ampuh dalam Merawat Hardisk Komputer agar Tetap Awet. Langsung saja kita mulai dari yang pertama.

1. Gunakan Tas Laptop Yang Aman
Bawalah laptop dengan tas yang dirancang khusus untuk membawa laptop yang sudah dilangkapi dengan busa penahan benturan. Sebisa mungkin, laptop jangan tertindih barang lain dalam tas.

2. Tempatkan PC Pada Tempat Yang Stabil, Gunakan Laptop Di Meja
Tempatkan PC/laptop anda pada tempat yang stabil dari guncangan, seperti meja.

3. Gunakan Kipas Pendingin
Pasangkan kipas pendingin pada PC anda untuk mengontrol panas pada hardisk.

4. Jangan Terlalu Banyak Software Yang Berjalan Pada Hardisk
Bijaklah dalam menjalankan aplikasi, matikan aplikasi yang sedang tidak digunakan.

5. Pastikan Laptop Dalam Keadaan Mati Saat Akan Dibawa
Saat akan membawa laptop, pastikan benar-benar dalam keadaan mati, tidak dalam mode sleep.

6. Gunakan Stabilizer atau Stavolt
Pasanglah pengaman tegangan pada PC anda untuk mencegah naik turunnya tegangan listrik.

7. Jangan Mematikan Komputer Secara Paksa, matikan PC/laptop anda sesuai prosedur.

8. Defrag Hardisk Secara Rutin
Seiring dengan penggunaannya, data-data di hardisk akan mengalami fragmentasi dan membuat performa hardisk menjadi turun, maka untuk menghilangkan fragment tersebut maka kamu perlu melakukan defragment secara rutin atau jika dibutuhkan. Namun jangan terlalu sering, karena justru akan mengurangi umur hardisk.

9. Hapus Data yang Tidak Perlu
Sebaiknya anda secara rutin menghapus data yang tidak digunakan dan menguninstall aplikasi yang sudah tidak digunakan lagi. Hal ini penting dilakukan karena dapat mengurangi penggunaan space di hardisk sehingga hardisk tidak bekerja terlalu keras.

10. Jangan Terlalu Sering Menginstall Ulang
Jangang bermain-main dengan install ulang OS. Karena proses install ulang memaksa hardisk bekerja dengan sangat kerasa ketika proses install ulang berlangsung. Jadi janganlah terlalu sering melakukan install ulang jika memang tidak diperlukan.

11. Gunakan Antivirus
Antivirus dapat mambuat hardisk mejaga kesehatannya, karena tidak sedikit virus yang memicu berbagai masalah di hardisk. Antivirus juga bisa melindungi hardisk anda dari berbagai masalah yang hanya bisa diselesaikan dengan melakukan install ulang.

12. Uninstall Program yang tidak perlu
Ini salah satu trik untuk mengurangi beban pada hardisk sehingga kapasitas tetap terjaga dan hardisk tidak terlalu terbebani.

Demikian tadi beberapa kiat yang dapat kami informasikan kepada anda. Semoga kita bisa bijak dalam menggunakan hardisk, agar dapat termanfaatkan lebih lama.

Ditulis Oleh : Unknown | Pustaka IPTEKKES

Dian Widanarta Anda sedang membaca artikel tentang Kiat Merawat Hardisk Komputer agar Tetap Awet. Anda dapat menyebarluaskan Informasi Terbaru dari Pustaka IPTEKKES tersebut agar dapat memberikan manfaat untuk kita semua, namun jangan lupa menyertakan alamat link dibawah ini sebagai sumbernya : http://widanarta.blogspot.com/ atau tekan Ctrl + D untuk Bookmark Homepage kami. Atau Copy Paste kan kode berikut pada postingan anda :

Jika ada kendala atau ada yang ingin ditanyakan tentang artikel diatas, masukan komentar anda dibawah. Bisa jadi salah tulis, atau ada yang kurang dari tulisan tersebut. Kami hanya menerima komentar yang membangun.

Terimakasih atas kunjungannya. Assalamu 'alaikum Warahmatullah.

2 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. hai kak, selamat beraktifitas.. artikelnya menarik kak, bermanfaat sekali. oh iyaa,, saya juga mau kasih tau info menarik nih kak coba deh klik => SERVICE MACBOOK IMAC MAC PRO IPHONE IPAD IPOD DI BANDUNG JAKARTA TANGERANG Zapplerepair pengerjaan di tempat. Zapplerepair memberikan jasa service onsite home servis pengerjaan di tempat khusus untuk kota Jakarta, Bandung dan Surabaya dengan menaikan level servis ditambah free konsultasi untuk solusi di bidang data security, Networking dan performa yang cocok untuk kebutuhan anda dan sengat terjangkau di kantong" anda http://onsite.znotebookrepair.com

    ReplyDelete

PERMALINK

Anda sedang membaca Artikel Pustaka IPTEKKES. Anda dapat menyebarluaskan Informasi Terbaru dari Pustaka IPTEKKES tersebut agar dapat memberikan manfaat untuk kita semua, namun jangan lupa menyertakan alamat Link : http://widanarta.blogspot.com/ atau tekan Ctrl + D untuk Bookmark Homepage kami. Atau Copy Paste kan kode berikut pada postingan anda :

<a href="http://widanarta.blogspot.com/" target="_blank" title="http://widanarta.blogspot.com/"><b>http://widanarta.blogspot.com/</b></a>

Jika ada kendala atau ada yang ingin ditanyakan tentang artikel diatas, masukan komentar anda dibawah. Bisa jadi salah tulis, atau ada yang kurang dari tulisan tersebut. Kami hanya menerima komentar yang membangun.

Terimakasih atas kunjungannya.
Assalamu 'alaikum Warahmatullah.