Wednesday, July 4, 2012

Home » , » 5 Macam Search Engine Terpopuler dan Spesifikasinya

5 Macam Search Engine Terpopuler dan Spesifikasinya



Beberapa waktu lalu salah satu temen saya menanyakan perbedaan antara browser dan search engine.? Dan berhubung sebelumnya saya telah posting tentang macam2 browser yang ada. Oleh karena itulah kali ini saya ingin memberikan informasi tentang macam-macam search engine yang sering digunakan oleh user….. dan silakan cari perbedannnya.. hehehe…
Mesin pencari (search engine) adalah salah satu program komputer yang di rancang khusus untuk membantu seseorang menemukan file-file yang disimpan dalam computer, misalnya dalam sebuah web server umum di web (www). Mesin pencari memungkinkan kita untuk meminta content media dengan kriteria yang spesifik (biasanya berisikan prase atau kata yang kita inginkan) dan memperoleh daftar file yang memenuhi kriteria
tersebut. Mesin pencari biasanya menggunakan indeks (yang sudah di buat sebelumnya dan di mutakhirkan secara teratur) untuk mencari file setelah pengguna memasukan kriteria pencarian.
Search engine adalah situs yang sering kita kunjungi. Saat kita ingin mencari suatu informasi kita pasti mengunjungi search engine. Search Engine atau situs mesin pencari yang paling dikenal saat ini adalah Mbah Google. Tapi selain itu masih banyak lagi search engine yang ada di dunia. Saya akan menjelaskan beberapa diantaranya beserta keunggulannya.

Pertama Yahoo!
Salah satu portal terbesar di Internet, selain MSN, dan juga salah satu mesin pencaru tertua. Halaman utamanya sendiri tidak terlalu ramah untuk pencarian, tetapi Yahoo! menyediakan search.yahoo.com untuk itu. Yahoo! menggunakan jasa Google untuk mencari informasi di web, ditambah dengan informasi dari databasenya sendiri. Kelebihan Yahoo! adalah direktorinya. Yahoo! juga menyediakan pencarian yellow pages dan peta, yang masih terbatas pada Amerika Serikat. Yahoo juga menyediakan pencarian gambar.  berikut ini kelebihan dan kekurangannya yang lebih jelas : 
·         Kelebihan:
  1. Carta surat menyurat modern untuk membuat orang menjadi lebih maju
  2. Salah satu web yang menyediakan layanan fasilitas gratis
  3. Salah satunyapun yang anda bilang, bila di refresh cepat
  4. Banyak fasilitas yang disediakan.
  5. Sudah ada di banyak negara
·         Kekurangan:
  1. Satu id yahoo hanya untuk yahoo, tak bisa untuk produk windows, seperti IM dan msn
  2. Teralu mudah untuk membuat id, sehingga kadang-kadang disalah gunakan
  3. Fitur Y!M msh sangat kalah jauh dengan IM keluaran windows
  4. Skin untuk Y!M msh sangatlah simple, tak seperti IM yang ada cukup banyak

Kedua MSN
Mesin pencari dari Microsoft Network ini menawarkan pencarian baik dengan kata kunci maupun dari direktori. Pemakai Internet Explorer kemungkinan besar sudah pernah menggunakan mesin pencari ini. Situs Search engine watch mencatat MSN sebagai mesin pencari ketiga populer setelah Google dan Yahoo! Tak ada pencarian image, atau news. Menyediakan pencarian peta, yellow pages, white pages, pencarian pekerjaan, rumah. 
·         Kelebihan
  1. Mampu mencari video, musik, gambar, dan beragam format file spesial.
·         Kekurangan
  1. Pencarian. Dibutuhkan waktu yang lama sampai hasil ditampilkan di halaman MSN.
  2. Pengguna juga sulit membedakan antara iklan dan bukan iklan pada halaman pencariannya. Penampilan iklan hanya dibedakan dari hasil asli melalui sebuah titik di depannya.

Ketiga Google
Selain pencarian web, Google juga menyediakan jasa pencarian gambar, pencarian berita serta pencarian pada arsip USENET (newsgroup), serta direktori, seperti Yahoo! Kelemahannya terletak pada tidak tersedianya pencarian file, video, dan audio. Keunggulan Google terutama adalah pada pencarian teks, terutama dari algoritma PageRank, database-nya yang besar serta banyaknya jenis file yang diindeksnya.
·         Kelebihan
  1. Kecepatan dan kemudahan dalam mencari.
  2. Lebih canggih dengan fitur yang dimilikinya.
  3. Tampilan yang sederhana.
  4. Google merupakan satu-satunya mesin pencari yang memilki cach. Dengan adanya cache ini, pencari dapat menghemat waktu pencarian, karena hasil pencarian yang akan ditampilkan.
  5. Dapat mencari segala informasi seperti gambar, berita artikel, hiburan dll.
·         Kekurangan
  1. Dengan kelebihan yang dimilikinya, ternyata mesin pencari ini jadi bidikan para spamer untuk menampilkan iklan-iklan yang tidak diperlukan. Mereka memanfaatkan setiap celah yang ada pada sistem algoritma Google untuk memaksa iklan mereka tampil pada halaman terdepan. Maka, pencarian pun terasa tergangggu.

Keempat AltaVista
Satu saat, AltaVista pernah menjadi mesin pencari terbesar. Saat ini Altavista juga menawarkan pencarian audio dan video. Keunggulan AltaVista adalah pilihan pencarian yang paling lengkap di antara semua mesin pencari.
·         Kelebihan
  1. Keunggulan dalam hal pencarian halaman web, video, gambar, MP3, dan file audio lainnya. Dalam pencarian berita pun Altavista mampu mencari berita teraktual.
  2. Altavista mampu menetapkan berapa umur maksimal yang akan ditampilkan.
·         Kekurangan
  1. Dalam hal pencarian data yang kurang bagus. Sering kali mesin pencari ini menampilkan hasil yang sama sekali tidak ada kaitannya dengan tema yang dicari.

Kelima Lycos
Salah satu mesin pencari tertua. Saat ini Lycos lebih dikenal sebagai portal, sehingga fungsi pencarinya tidak terlalu menonjol. Lycos, selain mendukung pencarian web, juga menyediakan pencarian file MP3, dan video pada http://multimedia.lycos.com. 
·         Kelebihan
  1. Lycos mampu mencari data dengan cepat dan ini merupakan kelebihannya.
  2. Dalam hal pencarian cepat.
  3. Lycos menyediakan fungsi “Fun Search” yang lebih diperuntukkan bagi kalangan remaja. Ini sangat membantu bagi kalangan yang membutuhkan gosip dan lagu terbaru dari para selebritis pujaan.
  4. Lycos juga menampilkan 50 pencarian terbesar di halaman depannya.
·         Kekurangan
  1. Untuk mencari berita-berita aktualnya, pengguna harus masuk ke bagian site map karena berita-berita tersebut tidak ditampilkan di halaman depan.
  2. Sering tidak spesifik karena datanya kebanyakan masih mengambil data dari mesin pencari yang tergolong paling lamban dalam pencarian data.

Ditulis Oleh : Unknown | Pustaka IPTEKKES

Dian Widanarta Anda sedang membaca artikel tentang 5 Macam Search Engine Terpopuler dan Spesifikasinya. Anda dapat menyebarluaskan Informasi Terbaru dari Pustaka IPTEKKES tersebut agar dapat memberikan manfaat untuk kita semua, namun jangan lupa menyertakan alamat link dibawah ini sebagai sumbernya : http://widanarta.blogspot.com/ atau tekan Ctrl + D untuk Bookmark Homepage kami. Atau Copy Paste kan kode berikut pada postingan anda :

Jika ada kendala atau ada yang ingin ditanyakan tentang artikel diatas, masukan komentar anda dibawah. Bisa jadi salah tulis, atau ada yang kurang dari tulisan tersebut. Kami hanya menerima komentar yang membangun.

Terimakasih atas kunjungannya. Assalamu 'alaikum Warahmatullah.

3 comments:

  1. Bermanfaat banget nih info tentang macam-macam search engine semakin menambah pengetahuan saya.

    ReplyDelete
  2. Terima kasih Infonya Bro, izin ikut menerapkan ya. hehe

    Informasi Lowongan Kerja Terbaru BUMN, Persero, Swasta, & Berbagai Perusahaan Besar di Indonesia : expocpnsbumn.blogspot.com

    ReplyDelete

PERMALINK

Anda sedang membaca Artikel Pustaka IPTEKKES. Anda dapat menyebarluaskan Informasi Terbaru dari Pustaka IPTEKKES tersebut agar dapat memberikan manfaat untuk kita semua, namun jangan lupa menyertakan alamat Link : http://widanarta.blogspot.com/ atau tekan Ctrl + D untuk Bookmark Homepage kami. Atau Copy Paste kan kode berikut pada postingan anda :

<a href="http://widanarta.blogspot.com/" target="_blank" title="http://widanarta.blogspot.com/"><b>http://widanarta.blogspot.com/</b></a>

Jika ada kendala atau ada yang ingin ditanyakan tentang artikel diatas, masukan komentar anda dibawah. Bisa jadi salah tulis, atau ada yang kurang dari tulisan tersebut. Kami hanya menerima komentar yang membangun.

Terimakasih atas kunjungannya.
Assalamu 'alaikum Warahmatullah.