Wednesday, July 18, 2012

Home » , » Cara Menghemat Baterai Android

Cara Menghemat Baterai Android

Kali ini saya ingin berbagi pengalaman saya tentang Cara Menghemat Baterai Android. Postingan ini terisnpirasi dari pengalaman saya yang menelan kekecewaan setelah membeli salah satu HP ber-OS Android, dikarenakan konsumsi baterai yang sangat boros. Dan ternyata sudah bukan rahasia lagi bahwa borosnya baterai merupakan salah satu  kelemahan terbesar bagi semua smartphone Android termasuk Samsung Galaxy Mini, Samsung Galaxy Young, Ace, Fit atau tipe smartphone sejenis lainnya. Banyaknya fitur canggih yang disematkan seperti GPS, Wi-Fi, Bluetooth, dan Wallpaper membuat ponsel canggih ini menghabiskan banyak daya.


Tak heran baterai akan habis dua sampai empat kali dalam sehari jika dipergunakan untuk berinternet ria dan bermain game secara terus menerus. Konsumsi baterai sebagian besar terpakai untuk pencahayaan / kontras layar, GPS, koneksi internet, atau aplikasi yang berjalan secara otomatis pada ponsel Android.

Nah, biar baterai pada Samsung Galaxy anda menjadi hemat dan awet, anda dapat mengikuti tips dan langkah menghemat baterai yang juga telah saya terapkan berikut ini : (meski harus sedikit diet penggunaan)

  1. Gunakan akses paket data, GPS, Wi-Fi, dan Bluetooth seperlunya saja.
    Penggunaan akses paket data, GPS, Wi-Fi atau Bluetooth secara bersamaan maupun sendiri akan menyedot pemakaian daya baterai yang lebih besar.
  2. Matikan fasilitas Auto Sync.
Fasilitas Auto Sync ini mengijinkan ponsel untuk melakukan sinkronisasi data dengan akun-akun seperti google, facebook, whatapps, yahoo dll yang telah ditambahkan di saat koneksi internet tersedia. Untuk menonaktifkan auto sync gunakan Menu > Pengaturan > Akun dan sink. Hilangkan kedua centang pada bagian Data Latar Belakang dan Sink otmatis.
  1. Matikan fasilitas GPS.
Fasilitas GPS ini memungkinkan satelit untuk mengetahui posisi ponsel Android berada. Untuk menonaktifkan GPS gunakan Menu > Pengaturan > Lokasi dan Pengamanan. Hilangkan centang pada bagian Gunakan satelit GPS.
  1. Kurangi Screen Brightness pada ponsel Android mu.
Screen Brightness yang terlalu terang akan menyebabkan konsumsi baterai semakin boros. Oleh karena itu atur screen brightness Android menjadi agak lebih redup. Gunakan Menu > Pengaturan > Tampilan > Pencerahan.
  1. Hilangkan animation & Accelerometer / auto – rotate (layar putar otomatis).
Salah satu daya tarik ponsel android adalah antarmuka yang atraktif dengan animasi dan orientasi layar yang bisa menyesuaikan. Namun hal itu membutuhkan daya baterai ekstra. Maka untuk kepentingan kesehatan baterai matikan kedua fitur tersebut.Jangan lupa matikan juga fitur Layar putar otomatis dengan cara menghilangkan centang pada sub menu tersebut.
  1. Gunakan Wallpaper statis.
Wallpaper animasi atau Livewallpaper akan memperberat kinerja prosesor pada ponsel Android. Oleh karena itu, gunakan wallpaper static biasa yang tidak bergerak sehingga konsumsi baterai akan lebih hemat.
  1. Atur ulang volume suara ponsel Android.
Volume suara yang tinggi juga dapat menguras penggunaan baterai ponsel Android. Untuk mengatur volume suara gunakan Menu > Pengaturan > Suara > Volume.
  1. Setting waktu layar mati (screen time-out) sesingkat mungkin.
Atur waktu layar mati secara otomatis sesingkat mungkin atau segera tekan kunci tombol apabila ponsel Android tidak digunakan, hal ini dilakukan agar layar segera mati sehingga konsumsi baterai lebih hemat dan irit.
  1. Gunakan aplikasi penghemat baterai seperti Easy Battery Saver atau 2x Battery Saver. Aplikasi ini dapat diunduh gratis melalui Google Play Store (Android Market).

Tips di atas merupakan cara terbaik menghemat baterai ponsel Samsung Galaxy Android ataupun merk lain. Tentu saja seberapa besar penghematan konsumsi baterai tergantung dari perilaku pengguna itu sendiri. Semakin bijak anda menggunakan ponsel Android akan semakin hemat baterai tersebut. Semoga bermanfaat Guys…. :-D

Ditulis Oleh : Unknown | Pustaka IPTEKKES

Dian Widanarta Anda sedang membaca artikel tentang Cara Menghemat Baterai Android. Anda dapat menyebarluaskan Informasi Terbaru dari Pustaka IPTEKKES tersebut agar dapat memberikan manfaat untuk kita semua, namun jangan lupa menyertakan alamat link dibawah ini sebagai sumbernya : http://widanarta.blogspot.com/ atau tekan Ctrl + D untuk Bookmark Homepage kami. Atau Copy Paste kan kode berikut pada postingan anda :

Jika ada kendala atau ada yang ingin ditanyakan tentang artikel diatas, masukan komentar anda dibawah. Bisa jadi salah tulis, atau ada yang kurang dari tulisan tersebut. Kami hanya menerima komentar yang membangun.

Terimakasih atas kunjungannya. Assalamu 'alaikum Warahmatullah.

No comments:

Post a Comment

PERMALINK

Anda sedang membaca Artikel Pustaka IPTEKKES. Anda dapat menyebarluaskan Informasi Terbaru dari Pustaka IPTEKKES tersebut agar dapat memberikan manfaat untuk kita semua, namun jangan lupa menyertakan alamat Link : http://widanarta.blogspot.com/ atau tekan Ctrl + D untuk Bookmark Homepage kami. Atau Copy Paste kan kode berikut pada postingan anda :

<a href="http://widanarta.blogspot.com/" target="_blank" title="http://widanarta.blogspot.com/"><b>http://widanarta.blogspot.com/</b></a>

Jika ada kendala atau ada yang ingin ditanyakan tentang artikel diatas, masukan komentar anda dibawah. Bisa jadi salah tulis, atau ada yang kurang dari tulisan tersebut. Kami hanya menerima komentar yang membangun.

Terimakasih atas kunjungannya.
Assalamu 'alaikum Warahmatullah.