Saturday, July 14, 2012

Home » , , » Cara Mudah Agar Situs / Blog Terindex di Search Engine

Cara Mudah Agar Situs / Blog Terindex di Search Engine


Bila anda baru membangun sebuah blog atau situs website yang masih fresh, tentunya anda ingin agar situs / blog tersebut dapat ditemukan pada halaman pencarian di Search Engine. Seperti Blog yang saya miliki. Hehehe… Umumnya untuk blog yang dibangun melalui blogspot lebih cepat terindex pada halaman Google meskipun tidak melakukan optimasi apapun. Hal tersebut disebabkan karena 2 hal:
  1. Situs Blogspot adalah milik Google
  2. Struktur Meta Title dan Description pada Blogger versi saat ini sudah dioptimasi secara otomatis sehingga mempermudah Search Engine untuk menemukan blog tersebut.
Bagaimanakah bila situs anda bukan dibangun melalui blogger, misalkan melalui wordpress.org, wordpress.com, tumblr, typad, blogetery, joomla dsb? Jawabannya adalah tetap terindex meskipun anda tidak melakukan pendaftaran apapun, yang membedakan adalah bila anda melakukan pendaftaran, kesempatan blog / situs anda terindeks menjadi lebih cepat dan pasti.
Seperti yang telah saya lakukan sebelumnya, untuk mendaftarkan situs / blog anda ke mesin pencari dapat melalui situs berikut:

Daftar ke Search Engine Google
  1. Kunjungi website www.google.co.id/add_url.html
  2. Setelah itu ketikkan alamat website anda pada kotak bagian URL dan deskripsi blog pada bagian Tanggapan
  3. Klik tambahkan (Add Website, bila menggunakan google versi bahasa inggris)

Daftar ke Search Yahoo & Bing
Sejak 2011 akhir situs webmaster yahoo dan bing digabungkan dengan adanya kerjasama antara keduanya sehingga untuk mendaftarkan situs anda ke yahoo dan bing menjadi lebih mudah dan cepat.
  1. Kunjungi alamat berikut https://ssl.bing.com/webmaster/SubmitSitePage.aspx
  2. Prosesnya sama seperti mendaftar pada Google yaitu masukkan alamat URL website / blog anda
  3. Masukkan kode verifikasi
  4. Klik Submit URL

Ping URL, Daftar RSS, Ping ke Situs Index
Langkah berikutnya tidak mutlak harus dilakukan dan dapat dijadikan opsi untuk memperbesar kemungkinan situs anda terindeks dengan cepat.
Ping URL – ping alamat website / blog anda melalui www.pingomatic.com atau www.googleping.com
Daftar RSS – daftarkan alamat RSS Feed anda melalui halaman ini. Untuk menemukan alamat RSS feed anda umumnya tambahkan /rss.xml (pada Blogger), atau /atom.xml atau /feed dibelakang alamat website anda. misalnya widanarta.blogspot.com/rss.xml
Ping Situs Index – Setelah itu anda dapat melakukan ping website anda pada situs-situs index. Tools ini dapat ditemukan pada website yang sama pada halaman ini. Isi URL dan keyword situs anda pada kotak isian, lalu pada bagian Limit the number of created pages (optional) pilih 100 saja. Lalu klik Submit
Demikianlah cara-cara untuk mendaftarkan situs anda pada mesin pencari (search engine). Sebenarnya terdapat fitur yang cukup canggih pada software Internet Bussiness Promoter (IBP) yang dapat melakukan pendaftaran ke ratusan situs search engine dalam waktu yang singkat. Bila anda tidak memiliki software IBP tersebut, maka cukup lakukan cara yang sedikit manual pada tulisan ini.
Cara lainnya yang paling umum dikenal oleh praktisi SEO adalah melakukan posting minimal 1 artikel ke twitter atau social bookmarking. Robot Google secara berkala mengunjungi situs-situs bookmarking, sehingga kesempatan bagi link anda ‘tertangkap’ oleh robot google menjadi sangat besar dan umumnya link yang ‘tertangkap’ oleh google pada situs social bookmark akan segera ditambahkan ke index mesin pencari.
Demikianlah informasi tentang Cara Mudah Agar Situs / Blog Terindex di Search Engine. Semoga bermanfaat untuk Agan & Sista blogger semua…  :-D


Source   : ilmu-komputer.org

Ditulis Oleh : Unknown | Pustaka IPTEKKES

Dian Widanarta Anda sedang membaca artikel tentang Cara Mudah Agar Situs / Blog Terindex di Search Engine. Anda dapat menyebarluaskan Informasi Terbaru dari Pustaka IPTEKKES tersebut agar dapat memberikan manfaat untuk kita semua, namun jangan lupa menyertakan alamat link dibawah ini sebagai sumbernya : http://widanarta.blogspot.com/ atau tekan Ctrl + D untuk Bookmark Homepage kami. Atau Copy Paste kan kode berikut pada postingan anda :

Jika ada kendala atau ada yang ingin ditanyakan tentang artikel diatas, masukan komentar anda dibawah. Bisa jadi salah tulis, atau ada yang kurang dari tulisan tersebut. Kami hanya menerima komentar yang membangun.

Terimakasih atas kunjungannya. Assalamu 'alaikum Warahmatullah.

3 comments:

  1. Thanks for the information you shared that's so useful and quite informative and i have taken those rollex casino online into consideration....

    ReplyDelete
  2. It’s really great post, nice blog..I would Mega888 2020 like to appreciate your work and would like to tell to my friends.

    ReplyDelete
  3. Both are compensated for jackpots at the possibility of getting one of the enormously reliable things of a trusted check it out gambler, even if the slot machine jackpot has no duration. For a long epoch thereafter, the jackpot may be fully accepted, and the jackpot balances in the same way as the jackpot price paid by the gambler. Third, your slot machines are rarely used and can incite reduce the number of gamblers who lose. This belief is based on their ideas; if you rarely use slot machines without loggar buttons, later obedient vibes can edit gambling The number of the disciples.

    ReplyDelete

PERMALINK

Anda sedang membaca Artikel Pustaka IPTEKKES. Anda dapat menyebarluaskan Informasi Terbaru dari Pustaka IPTEKKES tersebut agar dapat memberikan manfaat untuk kita semua, namun jangan lupa menyertakan alamat Link : http://widanarta.blogspot.com/ atau tekan Ctrl + D untuk Bookmark Homepage kami. Atau Copy Paste kan kode berikut pada postingan anda :

<a href="http://widanarta.blogspot.com/" target="_blank" title="http://widanarta.blogspot.com/"><b>http://widanarta.blogspot.com/</b></a>

Jika ada kendala atau ada yang ingin ditanyakan tentang artikel diatas, masukan komentar anda dibawah. Bisa jadi salah tulis, atau ada yang kurang dari tulisan tersebut. Kami hanya menerima komentar yang membangun.

Terimakasih atas kunjungannya.
Assalamu 'alaikum Warahmatullah.