Saturday, July 7, 2012

Home » » Tips Aman Menggunakan Komputer Warnet & Umum

Tips Aman Menggunakan Komputer Warnet & Umum


Komputer umum seperti halnya warnet, kafe, perpustakaan, rental, kampus, dan lain-lain adalah komputer yang digunakan secara bersama oleh banyak pengguna sehingga kemungkinan komputer-komputer tersebut terinfeksi virus sangatlah besar ditambah kemungkinan lainnya seperti software-software jahil lainnya yang sengaja dipasang sebagai ‘perangkap’ oleh seseorang yang kemudian memanfaatkannya untuk mencuri data dan informasi anda.
Bila anda adalah seorang yang sering menggunakan komputer-komputer umum seperti yang disebutkan, alangkah baiknya memperhatikan 6 tips dibawah ini untuk mengamankan informasi privasi maupun data-data di flashdisk, ponsel dsb yang mungkin saja terhubung dengan komputer tersebut. chekidot.....


Jangan Menyimpan Informasi Logon Anda!
Bila anda berinternet ditempat umum, pastikan agar selalu me-log out akun email, facebook maupun akun disitus website lainnya. Bila terlanjur menutup browser anda, lebih baik meluangkan waktu sejenak untuk membuka kembali browser anda dan mengunjungi situs yang anda buka tadi untuk me log out terlebih dahulu dari akun anda untuk mencegah automatic login yang mana dapat dimanfaatkan oleh pengguna komputer berikutnya.

Jangan Meninggalkan Informasi Apapun Di komputer Tersebut!
Sebagian besar pengguna yang memakai komputer umum sering sekali menyimpan file-file mereka diantara MyDocument atau Desktop meskipun untuk sementara waktu. Hal tersebut bukanlah masalah selama anda tidak lupa untuk menghapusnya pada saat anda selesai menggunakan komputer umum tersebut. Dengan meninggalkan file yang berisi informasi yang sensitif pada Desktop, MyDocument dan sekitarnya akan berpotensi dimanfaatkan oleh orang lain yang tidak sengaja menemukan file tersebut. Untuk menghapus file secara aman tekan SHIFT+DEL pada file yang ingin dihapus. Dengan cara ini setiap file yang terhapus tidak akan masuk kedalam Recycle Bin (permanent delete).

Hapus History Anda!
Setiap kali anda mengerjakan suatu file, maka informasi tersebut akan ditinggalkan pada bagian My Recent Document pada Start Menu Windows. Pastikan anda menghapus informasi tersebut. Anda juga dapat menghapus history pada browser internet agar situs-situs yang anda kunjungi tidak terlacak oleh pengguna komputer berikutnya. Bila anda menggunakan browser Mozilla Firefox dapat menekan CTRL+SHIFT+DEL untuk menghapus history anda. Cara lainnya untuk melindungi Password di Mozilla anda

Jangan Klik Fitur Remember Password
Setiap kali anda memasukkan username dan password pada situs-situs diinternet, umumnya selalu terdapat notifikasi bertulisan ‘Remember‘ atau kotak centang ‘Remember Password‘ . Harap diingat agar setiap kali anda memasukkan username dan password pada situs apapun agar tidak meng-klik atau mencentang Remember Password agar tidak terjadi auto login ketika pengguna komputer setelah anda mengakses situs yang sama seperti yang anda kunjungi sebelumnya.

Amankan Flashdisk Anda Dari Virus!
Salah satu masalah utama dari menggunakan komputer umum adalah virus. Virus komputer sangat mudah terinfeksi melalui flashdisk. Oleh karena itu pastikan agar anda melakukan scanning 2x yaitu pada saat hendak meninggalkan komputer serta saat memasangkan kembali dikomputer pribadi anda dirumah untuk mencegah penyebaran virus ke komputer pribadi anda. Salah satu trik lainnya untuk meminimalkan penyebaran virus ke flashdisk anda adalah jangan mengklik langsung flashdisk anda dari menu MyComputer maupun dari Windows Explorer! Akan lebih aman bila anda membuka flashdisk anda dengan cara: Klik kanan pada ikon flashdisk > pilih Explore. Hal ini untuk mencegah terinfeksinya secara langsung virus autorun kedalam flashdisk anda. Banyak sekali virus yang langsung menggandakan diri secara otomatis begitu anda mengklik Flashdisk anda secara langsung.

Menghindar Dari Keylogger!
Keylogger dapat dikategorikan sebagai software sypware/trojan yang terinstal secara tersembunyi, baik dikomputer maupun situs secara online. Keylogger berfungsi sebagai alat untuk mencuri data password anda. Apapun itu! apakah itu offline maupun online. Umumnya komputer umum yang digunakan oleh bermacam-macam pengguna sangatlah rawan dipasangi keylogger. Umumnya keylogger memanfaatkan celah pada keyboard sehingga informasi yang anda ketikkan pada keyboard akan tersimpan kedalam Log keylogger tersebut. Cara menghindar dari keylogger adalah menggunakan virtual keyboard.
 
Untuk mengakses virtual keyboard pada Windows 7 dapat melalui Start Menu > lalu ketikkan On Screen Keyboard kemudian tekan Enter pada hasil pencarian yang muncul.
Cara kedua selain menggunakan virtual keyboard adalah menggunakan Character Map yang terdapat pada Start Menu > All Programs > Accessories > System Tools > Character Map. Anda dapat mengetikkan satu persatu huruf yang terkandung dalam username & password anda pada Character map lalu meng-copy nya, baru kemudian di-paste-kan pada kotak isian Username / Password halaman web yang anda kunjungi.

Dengan memperhatikan Tips Aman Menggunakan Komputer Warnet & Umum diatas anda akan dapat ber-komputer dengan lebih tenang dan aman. Harap untuk diingat agar selalu memperkecil kemungkinan untuk menjadi korban orang-orang jahil didunia maya maupun nyata melalui komputer. Demikianlah informasi mengenai Tips Aman Menggunakan Komputer Warnet & Umum. Semoga bermanfaat.....


Source   : ilmu-komputer.org

Ditulis Oleh : Unknown | Pustaka IPTEKKES

Dian Widanarta Anda sedang membaca artikel tentang Tips Aman Menggunakan Komputer Warnet & Umum. Anda dapat menyebarluaskan Informasi Terbaru dari Pustaka IPTEKKES tersebut agar dapat memberikan manfaat untuk kita semua, namun jangan lupa menyertakan alamat link dibawah ini sebagai sumbernya : http://widanarta.blogspot.com/ atau tekan Ctrl + D untuk Bookmark Homepage kami. Atau Copy Paste kan kode berikut pada postingan anda :

Jika ada kendala atau ada yang ingin ditanyakan tentang artikel diatas, masukan komentar anda dibawah. Bisa jadi salah tulis, atau ada yang kurang dari tulisan tersebut. Kami hanya menerima komentar yang membangun.

Terimakasih atas kunjungannya. Assalamu 'alaikum Warahmatullah.

No comments:

Post a Comment

PERMALINK

Anda sedang membaca Artikel Pustaka IPTEKKES. Anda dapat menyebarluaskan Informasi Terbaru dari Pustaka IPTEKKES tersebut agar dapat memberikan manfaat untuk kita semua, namun jangan lupa menyertakan alamat Link : http://widanarta.blogspot.com/ atau tekan Ctrl + D untuk Bookmark Homepage kami. Atau Copy Paste kan kode berikut pada postingan anda :

<a href="http://widanarta.blogspot.com/" target="_blank" title="http://widanarta.blogspot.com/"><b>http://widanarta.blogspot.com/</b></a>

Jika ada kendala atau ada yang ingin ditanyakan tentang artikel diatas, masukan komentar anda dibawah. Bisa jadi salah tulis, atau ada yang kurang dari tulisan tersebut. Kami hanya menerima komentar yang membangun.

Terimakasih atas kunjungannya.
Assalamu 'alaikum Warahmatullah.