Monday, July 9, 2012

Home » , » Deteksi Malware DNSChanger Pada Komputer Anda

Deteksi Malware DNSChanger Pada Komputer Anda


Deteksi Malware DNSChanger Pada Komputer untuk menghindari serangan virus dnschanger pada tanggal 9 Juli 2012. Peringatan deteksi malware dnschanger ini disampaikan FBI (Federal Bureau of Investigation) untuk menghindari serangan malware jahat tersebut. Sudahkah sobat mendeteksi komputer sobat dari malware dnschanger ini ? apabila belum, sebaiknya segera cek keberadaan virus nakal ini agar dapat dipastikan kondisi komputer sobat benar-benar bebas dari malware dnschanger. Mau tahu bagaimana cara cek virus jahat ini dari komputer sobat, silahkan baca terus artikel ini.
DNS Changer Malware adalah virus yang menyerang domain name system (DNS). Ini adalah layanan Internet yang mengubah nama domain menjadi kode angka.

Tanpa DNS, kita hanya bisa mengunjungi situs dari alamat Internet protocol atau IP saja. Jadi, ketika mengetik http://widanarta.blogspot.com misalnya, alamat itu tak akan ditemukan.
Dalam jaringan Internet dunia, ada 13 DNS server induk yang melayani lalu lintas pengguna Internet. Dua di antaranya diketahui dihantam DNS Changer Malware.
DNS (Domain Name Server) sendiri memiliki fungsi yang sangat penting di dunia internet.  Pasalnya, DNS menyimpan ratusan ribu bahkan jutaan alamat internet (IP address) beserta domain dan hubungan antar keduanya. 
Jika suatu komputer, entah ponsel pintar, laptop, PC, server, tablet dan lainnya perlu akses internet, maka perangkat tersebut pasti butuh DNS, tanpa terkecuali.
Permasalahan ini sendiri berawal dari enam ‘cyber mafia’ asal Estonia yang sejak 2007 lalu berhasil menyusupkan trojan ke ratusan ribu komputer didunia. Trojan tersebut dikenal bernama ‘DNSChanger’.
Trojan ini mampu mengubah DNS komputer yang terjangkit untuk mengarah ke DNS yang ada dalam kendali kelompok itu. Tak seperti Trojan atau virus pada umumnya yang bersifat menghancurkan akses komputer, file atau program, DNSChanger mampu meraup untung finansial bagi kelompoknya.

Cara Mengecek Virus DNSChanger di Komputer Anda
Sudah tahukan sobat, apa itu malware DNSChanger? sekarang mari kita ikuti cara melakukan pengecekan terhadap malware DNSChanger ini pda komputer masing-masing ya.
Jika Anda menggunakan komputer dengan sistem operasi Windows, silahkan buka command prompt. Hal ini dapat dilakukan dengan cara memilih Run dari Start Menu (windows xp) dan ketik cmd atau command promt kemudian tekan ENTER, aplikasi ini biasanya terletak di folder Accessories dalam Start Menu komputer.
Setelah pada command prompt ketik perintah berikut : ipconfig/all sehingga hasilnya dapat dilihat seperti berikut.
Carilah entri yang berbunyi "DNS Server .......... : 10.0.24.6"
DNS untuk komputer anda tentu berbeda dengan seperti yang ditampilkan di atas.
Coba perhatikan DNS Server di atas adalah 10.0.24.6 dan 10.0.28.3, jika hasil DNS Server untuk komputer sobat ternyata diawali dengan 85, 67, 93, 77, 213, atau 64 (contoh: 85.0.24.6) maka DNS komputer anda sudah digunakan malware DNSChanger. Segeralah cari jalan keluar untuk memperbaiki masalah ini, mohon maaf karena sampai dengan artikel ini saya tulis, saya belum menemukan solusi untuk mengatasi komputer yang sudah terserang atau terinfeksi malware DNSChanger.
Selain cara di atas, ada satu cara yang cukup mudah untuk melakukan pengecekan terhadap komputer sobat agar bisa mengetahui apakah komputer anda sudah terserang malware DNSChanger jahat ini. Carnya yaitu hanya dengan mengunjungi sebuah situs, pada situs yang dikunjungi tersebut langsung mendeteksi IP yang kita gunakan selanjutnya menampilkan informasi kepada kita, apakah komputer kita aman atau sudah terinfeksi malware. Bila anda mau melakukan pengecekkan terhadap komputer anda, silahkan kunjungi situs www.dns-ok.us dan lihat hasilnya.
Apabila hasilnya menjukkan bahwa resolution = Green maka, komputer anda dalam keadaan aman dan belum terserang oleh dnschanger, sedangkan apabila hasilnya menunjukkan resolution = Red maka dns komputer anda sudah digunakan oleh dnschanger.
Demikian artikel dari Pustaka IPTEKKES tentang Deteksi Malware DNSChanger Pada Komputer sobat, semoga dengen mendeteksi komputer sobat lebih awal mampu mangamankan komputer sobat dari serangan malware DNSChanger.


Source   : Tempo.co, Yahoo.com, belajar-ilmu-komputer.blogspot.com

Ditulis Oleh : Unknown | Pustaka IPTEKKES

Dian Widanarta Anda sedang membaca artikel tentang Deteksi Malware DNSChanger Pada Komputer Anda. Anda dapat menyebarluaskan Informasi Terbaru dari Pustaka IPTEKKES tersebut agar dapat memberikan manfaat untuk kita semua, namun jangan lupa menyertakan alamat link dibawah ini sebagai sumbernya : http://widanarta.blogspot.com/ atau tekan Ctrl + D untuk Bookmark Homepage kami. Atau Copy Paste kan kode berikut pada postingan anda :

Jika ada kendala atau ada yang ingin ditanyakan tentang artikel diatas, masukan komentar anda dibawah. Bisa jadi salah tulis, atau ada yang kurang dari tulisan tersebut. Kami hanya menerima komentar yang membangun.

Terimakasih atas kunjungannya. Assalamu 'alaikum Warahmatullah.

No comments:

Post a Comment

PERMALINK

Anda sedang membaca Artikel Pustaka IPTEKKES. Anda dapat menyebarluaskan Informasi Terbaru dari Pustaka IPTEKKES tersebut agar dapat memberikan manfaat untuk kita semua, namun jangan lupa menyertakan alamat Link : http://widanarta.blogspot.com/ atau tekan Ctrl + D untuk Bookmark Homepage kami. Atau Copy Paste kan kode berikut pada postingan anda :

<a href="http://widanarta.blogspot.com/" target="_blank" title="http://widanarta.blogspot.com/"><b>http://widanarta.blogspot.com/</b></a>

Jika ada kendala atau ada yang ingin ditanyakan tentang artikel diatas, masukan komentar anda dibawah. Bisa jadi salah tulis, atau ada yang kurang dari tulisan tersebut. Kami hanya menerima komentar yang membangun.

Terimakasih atas kunjungannya.
Assalamu 'alaikum Warahmatullah.